Selasa, 21 Agustus 2012

Jelang Mura vs Lazio, Laga Bernilai Terapi Psikologis


Jelang Mura vs Lazio:
Laga Bernilai Terapi Psikologis
oleh Galuh Trianingsih Lazuardi
© 2012
Ini debut Petkovic sebagai pelatih Lazio di laga resmi, laga yang cukup “menyenangkan”. Menyenangkan, karena pada babak play off Liga Europa 2012/2013 ini Petkovic memimpin pasukannya melawan sebuah tim yang berada satu atau dua kelas di bawah Lazio. Dari sisi peringkat, ND Mura 05 (selanjutnya disebut Mura) tidak memiliki peringkat UEFA 2011, artinya Mura berada di luar peringkat 420-an. Lazio duduk di peringkat 67. Bagi Mura, Liga Europa musim ini adalah pengalaman pertamanya setelah menduduki posisi tiga Liga Slovenia (1.SNL) musim lalu, sedangkan Lazio adalah langganan Eropa hampir setiap musim. Saat ini Mura menempati posisi sepuluh (juru kunci) liga 1.SNL yang telah berputar. Dari 6 laga di tiga level kualifikasi Liga Europa sebelum ke babak play off, Mura hanya mencatat satu kemenangan saat menjamu Baku (Azerbaijan) di kualifikasi pertama. Selebihnya, seri dan kalah. Bahkan Mura dua kali dikalahkan Arsenal Kyiv (Ukraina) di babak kualifikasi ketiga dengan 0-3 dan 0-2. Untunglah saat Mura kalah 0-3, Arsenal Kyiv terbukti menurunkan pemain ilegal, hingga Mura dinyatakan menang 3-0 dan lolos menghadapi Lazio di play off yang leg pertamanya akan digelar 24 Agustus 2012 pukul 02.00 WIB dini hari di stadion Ljudski vrt di Maribor karena home base Mura, stadion Fazanerija yang berkapasitas hanya 3.782 tempat duduk dianggap tidak layak oleh UEFA.

Pemanasan Jelang Kick Off Serie-A
Hasil mengecewakan Lazio di laga pra musim dengan hanya mencatat 1 kemenangan dari 5 pertandingan, ditambah lagi dengan keharusan beradaptasi dengan gaya menyerang yang idealis dari Petkovic setelah dua setengah musim ditangani Reja yang pragmatis, tentu bukan awal yang terlalu mudah bagi Lazio. Ditambah lagi dengan “kekacauan” manajemen dalam calcio mercato musim panas ini, maka lawatan ke Slovenia ini layak disebut sebagai pemanasan atau terapi psikologis yang harus benar-benar dimanfaatkan menjelang kick off Serie-A musim ini. Tiga hari setelah laga ini, Lazio harus melawat ke Stadio Atleti Azzurri d'Italia, Bergamo, menghadapi Atalanta di laga pembuka musim.

Jangan sekali-sekali meremehkan laga ini, tentu saja, tetapi dari sisi manapun kemenangan akan menjadi “tonikum” untuk memulai kompetisi Serie-A. Adalah sangat logis Petkovic diharapkan memenangi laga ini dengan lebih dari satu gol. Hasil seri apalagi kekalahan akan berakibat buruk bagi Lazio, dan tentu saja bagi keberlanjutan Petkovic menduduki kursi panas kepelatihan Biancocelesti.

Menyerang Dan Menyerang
Dapat diduga, Petkovic akan meminta pasukannya terus menyerang dan memaksimalkan peluang melalui penguasaan bola yang maksimal pada pola 4-2-3-1. Pemain yang baru pulih seperti Radu dan Diakite tampaknya akan memulai laga dari bangku cadangan. Kuartet pertahanan yang diturunkan saat melawan Malmo juga akan menjadi starter dalam laga ini. Tampaknya Petkovic akan menduetkan Ledesma dengan Candreva di jantung lapangan tengah, dan menyimpan Cana, untuk meningkatkan daya gedor. Klose akan menjadi penyerang tunggal yang didukung trio agresif Lulic-Hernanes-Mauri.

Mura sendiri walaupun bermain di kandang, akan lebih memusatkan pada pertahanan dan mengisi lapangan tengah dengan 4 pemain sekaligus untuk melapis pertahanan yang digalang kapten Cipot, dalam pola standar mereka, 4-3-1-2.

Peluang Lazio memenangi laga ini dengan skor besar sangat terbuka. Walaupun kalah empat kali di pra musim, kemenangan pada laga terakhir melawan Malmo akan menjadi pemuka yang baik. Sebaliknya, lima laga laga terakhir Mura di liga domestik dan kualifikasi Liga Europa cukup menjelaskan mengapa skor minimal 3-0 seperti yang saya prediksi adalah skor minimal. Sekali lagi, laga ini bernilai terapi tinggi bagi Lazio dalam memulai musim 2012/2013.

Head to Head:
Tidak ada catatan head to head antara kedua tim, hingga saat ini keduanya belum pernah berjumpa dalam laga apapun.

Lima Laga Terakhir Mura:
19 Agustus 2012 (1.SNL): Mura 1-3 Aluminij
12 Agustus 2012 (1.SNL): Celje 1-0 Mura
10 Agustus 2012 (Liga Europa): Mura 0-2 Arsenal Kyiv
5 Agustus 2012 (1.SNL): Mura 1-2 Olimpija
2 Agustus 2012 (Liga Europa): Arsenal Kyiv 3-0 Mura*
* karena Arsenal Kyiv menurunkan pemain ilegal, oleh UEFA Mura dinyatakan menang 3-0

Lima Laga Terakhir Lazio:
17 Agustus 2012 (Pra Musim): Lazio 2-1 Malmo FF
11 Agustus 2012 (Pra Musim): Lazio 0-1 Getafe
4 Agustus 2012 (Pra Musim): Galatasaray 1-0 Lazio
26 Juli 2012 (Pra Musim): Lazio 0-3 Torino
25 Juli 2012 (Pra Musim): Lazio 0-1 Siena

Perkiraan Susunan Pemain:
Mura (4-3-1-2):
1-Filip Draković; 5-Fabijan Cipot (kapten), 8- Aleš Majer, 13- Denis Kramar, 18- Erik Janža; 11- Leon Horvat, 90-Matic Maruško, 9- Damjan Bohar; 25-Dragan Jelić; 9- Damjan Bohar, 32-Mate Eterović, 17- Nusmir Fajić

Lazio (4-2-3-1):
22-Federico Marchetti; 29-Abdoulay Konko, 3-Andre Dias, 20-Giuseppe Biava, 39-Luis Pedro Cavanda; 87-Antonio Candreva, 24-Cristian Ledesma; 19-Senad Lulic; 8-Anderson Hernanes, 6-Stefano Mauri (kapten); 11-Miroslav Klose

Wasit:
Mark Courtney (Iralandia Utara)

Peluang:
Mura 40-60 Lazio

Penerawangan Mbah Galuh:
Mura 0-3 Lazio

Alternatif Live Streaming:
Enampuluh (60) menit menjelang laga, alternatif Live Streaming Link di:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar