Kamis, 16 Agustus 2012

Mura 05 Ujian Bagi Petkovic


Mura 05 Ujian Bagi Petkovic
oleh Galuh Trianingsih Lazuardi
@ 2012
Undian babak Play Off Liga Europa 2012/2013 telah dilakukan dan mengingat tingkat kesiapan skuad asuhan Petkovic saat ini, hasil yang mempertemukan Lazio dan Mura 05 dari Slovenia adalah opsi terbaik yang mungkin terjadi. Di samping Mura 05, Lazio sebagai tim yang diunggulkan dapat saja bertemu AIK (Swedia), Buraspor (Turki), Lokeren (Belgia) atau Legia Warzaw (Polandia).

Menempati peringkat empat Serie-A 2011/2012, Lazio otomatis berhak langsung berlaga di babak Play Off tanpa harus melewati babak kualifikasi. Mura 05 yang menempati posisi tiga musim lalu di Slovenian PrvaLiga, harus melewati tiga babak kualifikasi, satu hingga tiga. Di kualifikasi pertama, Mura 05 mengalahkan wakil Azerbaijan, Baku, dengan kemenangan 2-0 di kandang dan hasil seri 0-0 di tandang. Di kualifikasi kedua, Mura 05 lolos berkat gol tandang setelah imbang 0-0 di kandang sendiri dan 1-1 di kandang wakil Bulgaria, CSKA Sofia. Mura 05 lolos dari kualifikasi ketiga berkat “keberuntungan” setelah tim Ukraina, Arsenal Kyiv, dinyatakan kalah 0-3 akibat memainkan pemain yang tidak sah saat mengalahkan Mura 05 dengan skor telak 3-0 dalam laga di Kota Kyiv. Padahal  saat berlaga di kandang, Mura 05 juga ditaklukkan lawannya dengan skor 0-2.

Tim Penuh Keberuntungan
Mura 05 memang tim penuh keberuntungan. Lolos ke Play Off untuk pertama kalinya inipun berawal dari sebuah keberuntungan. Tim dengan nama lengkap  ini Nogometno Društvo Mura 05 ini baru didirikan pada awal musim kompetisi 2005/2006 dan langsung menjuarai divisi ketiga Slovenia, dan dipromosikan ke divisi dua Slovenia (setingkat Serie-B di Lega Calcio). Selama empat musim berikutnya, Mura 05 berkutat di papan tengah divisi ini. Mura 05 hanya menempati peringkat empat divisi dua Slovenia musim 2010/2011. Tiga tim di atasnya menolak promosi ke divisi teratas, Slovenian PrvaLiga, karena kesulitan keuangan. Maka Mura 05 pun mendapat “durian jatuh” untuk promosi. Dengan target bertahan di divisi teratas, musim lalu Mura 05 berhasil melebihi perkiraan banyak orang dengan mengakhiri kompetisi di peringkat tiga, yang membawanya ke babak kualifikasi Liga Europa.

Mura 05 sesungguhnya bermarkas di Kota Murska Sobota. Namun karena di kota tersebut tidak terdapat stadion yang memenuhi persyaratan minimal, maka tim ini memakai stadion di Kota Fazanerija yang berkapasitas hanya 3.782 tempat duduk, yang jika ditambah dengan penonton berdiri menjadi total kapasitas sekitar 5.000 orang.

Dua Pemain Asing Saja
Skuad Mura 05 saat ini hampir seluruhnya diisi pemain lokal. Tercatat hanya penyerang Nusmir Fajić (Bosnia-Herzegovina) dan Mate Eterović (Kroasia) yang merupakan pemain asing. Skuad Mura 05 saat ini selengkapnya adalah:
Penjaga gawang: 1-Filip Draković, 12- Tadej Cipot, 22- Jaka Šafer, 99- Aleš Luk
Belakang: 3- Matej Rogač, 4- Valen Filipović, 5-Fabijan Cipot, 8- Aleš Majer, 13- Denis Kramar, 16-Jure Travner, 18- Erik Janža
Tengah: 6- Leon Sreš, 7- Alen Kozar, 9- Damjan Bohar, 11- Leon Horvat, 14- Rok Buzeti, 15- Arpad Vaš, 20- Mitja Botjak, 21- Nino Kouter, 24- Denis Barbič, 90-Matic Maruško
Depan: 10- Andrej Lotrič, 17- Nusmir Fajić, 23- Rok Gruškovnjak, 25-Dragan Jelić, 32-Mate Eterović

Seperti halnya Lazio yang baru saja memiliki pelatih baru, Mura 05 pun mulai musim ini ditangani pelatih Feri Cifer asal Slovenia sendiri yang menggantikan pelatih sebelumnya, Ante Šimundža.

Ujian Bagi Petkovic
Mura 05 sesungguhnya bukan lawan berat bagi Lazio. Saat ini Lazio menempati peringkat 67 berdasarkan koefisien UEFA, bahkan musim lalu Lazio menempati peringkat 50, di atas rival sekota, AS Roma. Sebaliknya, Mura 05 sama sekali tidak tercantum pada daftar peringkat klub UEFA, berarti berada di luar peringkat 424 (!). Liga Slovenia sudah bergulir musim ini, dan Mura 05 sementara ini hanya menempati peringkat 10.

Namun fakta bahwa Mura 05 berhasil mencapai babak Play Off Liga Europa tentu tidak boleh menyebabkan Petkovic menganggap remeh. Keberuntungan demi keberuntungan selalu menaungi klub asal Slovenia ini, sementara Lazio di bawah Petkovic gagal meraih kemenangan, bahkan gagal mencetak satu golpun, dalam empat partai uji coba pra-musimnya melawan Siena, Torino, Galatasaray dan Getafe. Maka, laga lawan Mura 05 di Fazanerija (23 Agustus 2012) dan di Olimpico (30 Agustus 2012) adalah ajang pembuktian bagi Petkovic. Kedua laga melawan Mura 05, dari sisi apapun, wajib dimenangi pasukan Petkovic. Seri apalagi kalah, maka benar-benar patut dipertanyakan kelayakan Petkovic untuk terus menangani Lazio musim ini. Ayo, Doctor, buktikan dirimu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar