Senin, 08 Oktober 2012

Maksud Hati Menembak Olimpia, Apa Daya Lumba-lumba Yang Merana


Maksud Hati Menembak Olimpia, Apa Daya Lumba-lumba Yang Merana

foto dari http://lalazio24.it
Poster bergambar seorang pemburu sedang menembak elang yang terbang di atas padang rumput dengan seekor anjing (atau srigala tambun?) lari ketakutan ini menjadi populer di Pescara menjelang laga lawan Lazio pada giornata 7 Serie-A di Stadio Adriatico akhir pekan ini. Poster ini awalnya hanya ada di internet, tetapi kemudian dicetak dan ditempelkan di tepi jalan-jalan di Pescara. Teks pada poster tersebut adalah “Berburu pada 7 Oktober 2012”. Tentulah elang yang dimaksudkan adalah Olimpia, maskot Lazio.

Kebencian tifosi Pescara (pescarasi) terhadap Lazio diawali kejadian 30 tahun yang lalu saat seorang pendukung ultras Pescara (the Pescara Rangers) tewas ditikam saat laga Pescara – Lazio berlangsung. Di kemudian hari terbukti bahwa si penikam memang penduduk kota Roma, tetapi bukan pendukung Lazio, bahkan sama sekali bukan seorang penggemar sepakbola.

Tetapi informasi awal yang salah-kaprah ini terlanjur mendarah daging dan diteruskan secara turun-menurun di kalangan ultras Pescara. Saat laga kemarin, sempat terpampang banner bertuliskan “Kill All Romans” atau “Bunuh Semua Orang Roma” di Curva Nord Marco Mazza di Adriatico tempat pendukung Pescara berada, sebelum diamankan petugas. Untunglah tidak terjadi insiden berarti pada laga tersebut. Sekitar 200 orang pendukung Lazio yang hadir mendapatkan pengawalan ketat polisi setempat.

Pescara berlambang dolfin (lumba-lumba). Poster tersebut di atas menggambarkan pemburu yang menembak Olimpia. Tetapi kenyataan berkata lain.Maksud hati menembak Olimpia, apa daya justru sang lumba-lumba yang merana. Lazio mengalahkan Pescara secara mudah, 3-0, di hadapan para pendukungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar