Senin, 08 Oktober 2012

Presiden dan Direktur Lazio Ternyata Tak Digaji


Presiden dan Direktur Lazio Ternyata Tak Digaji

foto dari http://sslazio.it
Beberapa waktu yang lalu, surat kabar The Northern merilis laporan keuangan Serie-A untuk musim 2011/2012, serta secara khusus membandingkan antara Lazio dengan Juventus, dua tim selain Roma yang telah menjadi perusahaan publik dan mencatatkan sahamnya di Borsa Italiana.

Pada periode tersebut Lazio ternyata mencatat keuntungan bersih (net profit) setelah pajak sebesar 580.000 euro. Ini bukan yang pertama, tetapi sejak dipegang Claudio Lotito sebagai pemegang saham mayoritas dan Presiden klub, Lazio selalu mencatatkan laba sejak tahun 2004. Pada periode yang sama, Juventus mencatatkan kerugian bersih (net loss) sebesar 48,6 juta euro.

Sebagai catatan, rugi atau laba tidak ada hubungannya dengan investasi seperti pembangunan stadion, karena pengeluaran untuk itu dibukukan sebagai investasi dan bukan biaya. Laba atau rugi adalah semua pemasukan (tiket, sponsor, penjualan dan peminjaman pemain, hadiah dari FIGC atau UEFA, hak siaran televisi dan penjualan merchandise), dikurangi semua pemasukan (biaya operasional, gaji pemain dan staf, pembelian dan peminjaman pemain).

Yang lebih menarik, ternyata 7 orang direktur Lazio, termasuk Presiden Lotito, tidak menerima gaji sepeserpun dari klub, alias kerja sukarela. Di Juventus, Giuseppe Marotta bergaji 1,65 juta euro per musim, Aldo Mazzia 300.000 euro dan Pavel Nedved 200.000 euro.

Soal persyaratan Financial Fair Play yang diterapkan UEFA, sejak lama tidak menjadi masalah bagi Lazio. Dan soal hemat-berhemat semacam ini (tetapi tetap berprestasi baik), siapa yang bisa menandingi pakarnya: Claudio Lotito!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar