Sabtu, 14 Juli 2012

Petkovic: "Semua Pemain Penting, Tetapi Tak Ada Yang Tak Tergantikan!"


Petkovic: “Semua Pemain Penting, Tetapi Tak Ada Yang Tak Tergantikan!”
Mengakhiri hari kelima pelatihan pra-musim di Auronzo di Cadore, pelatih Vladimir Petkovic akhirnya bersedia memberi konferensi pers pertamanya sebagai pelatih Lazio."Hari-hari terakhir ini saya banyak membaca banyak hal di media, tetapi kalian akan memiliki banyak waktu untuk mengenal saya lebih baik. Yang terpenting saat ini adalah apa yang telah dilakukan oleh para pemain. Kami menetapkan beberapa target, dan sangat penting untuk memastikan mereka tidak berlatih terlalu berlebihan serta melakukannya tahap demi tahap. Kami berlatih tentang aspek teknis-taktis, memastikan pelatihan tidak monoton sehingga meningkatkan gairah dan kesenangan pemain dalam permainan sepakbola. Fase pertama berjalan baik, kami mengumpulkan berbagai data yang memungkinkan kami mengukur kekuatan tim dan individual pemain. Sangat penting bagi saya untuk mendapatkan masukan balik dari para pemain dan staf, sehingga saya dapat mengevaluasi apa yang telah dikerjakan hingga saat ini. 

Tentang sistem dan taktik yang akan diterapkan Lazio musim ini, “Saya memiliki prinsip-prinsip taktik yang akan dipakai, hari ini saya akan memberikannya kepada mereka dan menekankan bahwa hanya jika mereka menguasai dan menjalankannnya, maka kami akan siap bermain. Apapun taktik yang akhirnya kami terapkan, yang terpenting adalah terciptanya stabilitas dan setiap pemain bertahan harus tahu apa yang dilakukannya dan apa yang dilakukan oleh rekannya. Minggu pertama ini kami menekankan pada peningkatan kapasitas aerobik, pencegahan cedera, koordinasi dan peregangan. Minggu depan kami akan menambah bebennya dan memulai menggarap soal taktik. "

Ketika ditanya tentang penempatan Ederson dan Hernanes, Petkovic mengatakan bahwa pada tahap ini dia meminta pemainnya untuk tidak berkonsentrasi pada posisi tertentu, melainkan mencoba berbagai poisisi. "Itu akan menguntungkan dalam menjalani seluruh musim kompetisi. Setelah 3 minggu, barulah pemain akan ditempatkan pada posisi taktisnya, sekarang saya membiarkan mereka bereksperimen. Kami berusaha meningkatkan bukan hanya kualitas teknis, tetapi juga kualitas taktis dan organisasi permainan. Lazio harus mampu bermain agresif, kompak dan di atas segalanya harus bermain sebagai sebuah tim. Kami harus selalu menekan lawan, "

Hal terpenting bagi Petkovic adalah membuat Lazio bermain kolektif, bukan individualistis. Zarate, yang sering bermain individualistis, beberapa kali terkena teguran keras dari pelatih asal Bosnia ini. "Bagi saya Zarate penting bagi tim. Mauro harus menjadi bagian dari permainan tim dan bekerja bersama dengan tujuan yang sama. Saya akan mengabaikan berita-berita baik negatif maupun positif tentang dia, saat ini saya hanya dapat mengatakan bahwa Zarate telah berusaha seperti hanya pemain lain. Saya belum memutuskan pemain mana yang saya sukai dan tidak kepada manajemen. Saya akan mengevaluasi setiap pemain sebelum memutuskannya. "

Petkovic juga ditanya tentang Lulic dan Mauri. Musim lalu Lulic banyak diganggu cedera, tetapi secara umum dia melewati musim lalu dengan baik. Tetapi saya yakin dia dapat  lebih baik lagi. Saya tahu, Lulic memberikan segalanya bagi tim. Pada posisi apa dia akan saya pasang? Dari lapangan tengah ke depan, dan dia dapat bermain di kedua sisi lapangan sama baiknya, juga dapat difungsikan sebagai bek sayap. Biarkan dia mencoba yang paling tepat, lalu akan saya bandingkan dengan pemain lain, dan menentukan posisi terbaiknya. Mauri? Hari pertama saya bicara dengan dia. Tak ada yang perlu dikatakan tentang Mauri. Saya bahkan tidak memiliki keraguan sedikitpun tentang dia."

Matuzalem belum juga tiba, dia masih berada di Brasil tanpa izin atau penjelasan apapun. “Saya tak akan berbicara banyak tentang pemain secara individual. Semua pemain penting, Matuzalem seharusnya juga penting. Sebetulnya saya punya rencana untuk dia, dan memehami kualitasnya membuar saya menyesal dia tidak hadir di sini. Bagaimanapun, meskipun semua pemain penting, tidak ada satu pemainpun yang tidak dapat saya coret. Apa yang terjadi berada di luar kekuasaan saya. Bersama manajemen, saya akan menindaklanjuti masalah ini." 

Akhirnya Petkovic ditanya tentang pasar transfer, khususnya tentang pemain Palermo, Federico Balzaretti. “Tiap hari kami membicarakan ini bersama staf dan Direktur Olahraga. Masalah transfer tidak bisa diputuskan mendadak, melainkan harus didisain dengan cerdas. Balzaretti telah membuktikan dirinya mampu bermain baik di kiri maupun kanan. Dia adalah salah satu pemain sayap terbaik di Italia."

(Terjemahan bebas dari tulisan Giannino Capaldi di http://lazioland.com/NewsProfile.htm?NewsId=1325) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar